Ikigai – 4 Cara Menemukan Jalan Biar Hidup Lebih Hidup

Selama ini banyak orang selalu berkata bahwa untuk bisa menikmati hidup, kita harus mengikuti passion kita. Tapi ternyata,  passion saja tidak cukup  lho untuk bisa memiliki hidup yang lebih hidup. 

Di Jepang, ada sebuah istilah yang disebut dengan IKIGAI, yang merupakan yang menjadi sebuah acuan untuk bisa membuat hidup bisa lebih terarah dan membuat lebih berasa hidup.

Jadi apa itu Ikigai

Ikigai merupakan gabungan dari Mission, Vocation, Profession dan juga Passion

 

Jadi singkatnya, IKIGAI  adalah jalan kehidupan kita sebagai manusia, di mana irisan dari Mission, Vocation, Profession dan Passion inilah yang merupakan IKIGAI kita.  

Mission atau misi adalah mencari apa yang dunia sedang butuhkan, sehingga apa yang kita lakukan, bisa memberikan solusi bagi dunia ini. Kalau dunia tidak membutuhkannya, tentu saja apa yang kita lakukan tidak akan bermanfaat bagi orang lain. 

Vocation adalah mencari apa yang bisa membuat diri kita dibayar untuk melakukan hal tersebut, artinya kita bisa mendapatkan income dari apa yang kita kerjakan tersebut. 

Profession adalah mencari apa yang menjadi kemampuan kita. Apa yang benar-benar bisa kita lakukan dengan baik. Terkadang kita hanya bisa melakukan sesuatu setengah-setengah, sehingga kita menemukan kesulitan di kemudian hari. 

Passion adalah mencari apa yang kita sukai, sehingga setiap hari kita melakukannya, kita tidak akan pernah merasa bosan, lelah, malas, dll. 

Jadi, apabila yang kita lakukan itu memiliki misi, dibutuhkan oleh dunia ini, kita dibayar untuk melakukan hal tersebut dan itu merupakan profesi yang kita cintai, hidup kita akan menjadi benar-benar hidup.

Bu Eva Dipanti dari ABO Center menjadi salah satu contoh mengenai Ikigai ini. 

Menjadi seorang tenaga kesehatan di perusahaan besar ternyata membuatnya menjadi bosan dan tidak merasa hidup. Satu hari, dia menemukan sebuah buku yang menceritakan mengenai golongan darah dan hubungannya dengan manusia. Saat itulah Bu Eva Dipanti mendapatkan pencerahan dan merasa pertanyaan yang selama ini menjadi beban bertahun-tahun menjadi terbuka. Akhirnya dia memutuskan untuk resign dari pekerjaannya dan memulai perjalanan yang baru dalam hidupnya menjadi pembicara untuk golongan darah. 

Dia melakukan apa yang dia cintai, dapat menghasilkan uang dari situ, hal tersebut sangat dibutuhkan oleh dunia ini dan berbicara merupakan salah satu kemampuan yang paling dia kuasai. Bu Eva sudah menemukan Ikigainya. Sejak tahun 2009 sampai sekarang, api itu tidak pernah padam. Selalu saja ada keinginan untuk berbagi, sampai ke pelosok penjuru Indonesia, bahkan semangatnya semakin membara untuk bisa membuat ilmu golongan darah ini bisa diterima oleh Kementrian Pendidikan dan juga Kementrian Olah Raga untuk bisa meningkatkan sumber daya manusia Indonesia.   

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.